Sosialisasi Posyandu Remaja

Friday, 10/06/2022 Kegiatan Prodi

Pada hari Jumat, 10 Juni 2022 Pukul 19.30 WIB bertempat di RW 5 Kelurahan Langensari, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Posyandu Remaja, terbentuknya posyandu remaja sebagai akses dalam meningkatkan cakupan layanan kesehatan bagi remaja. Nama Posyandu Remaja di RW 5 Kelurahan Langensari adalah “PANDAWA LIMA”. Acara ini dihadiri oleh Kepala Puskesmas Ungaran, Bidan Desa Langensari, Kepala Kelurahan Langensari, Ketua RW 5, Ketua RT diwilayah RW 5, Kader RW 5 Kelurahan Langensari,  Kaprodi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi, Seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi Angkatan 3 serta seluruh Remaja RW 5 Kelurahan Langensari. Dalam sambutannya bapak Lurah Langensari menyapaikan terimakasih kepada mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi karena telah menginisiasi posyandu remaja di RW 5 Kelurahan Langensari. Dalam sambutannya Kaprodi Pendidikan profesi bidan program profesi menyampaikan “Dengan adanya sosialisasi posyandu remaja ini diharapkan menjadi embrio lahirnya Posyandu Remaja di RW 5 Kelurahan Langensari”.

Posyandu remaja merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat termasuk remaja dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan bagi remaja untuk meningkatkan derajat kesehatan dan keterampilan hidup sehat remaja.
Manfaat posyandu bagi remaja supaya memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang meliputi: kesehatan reproduksi remaja, masalah kesehatan jiwa dan pencegahan penyalahgunaan Napza, gizi, aktifitas fisik,pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM), pencegahan kekerasan pada remaja. Mempersiapkan remaja untuk memiliki keterampilan Hidup sehat melalui PKHS, serta Aktualisasi diri dalam kegiatan peningkatan deraiat kesehatan remaja.

Universitas Ngudi Waluyo © Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Profesi 2019